Kamis, 24 Desember 2020

5 Mainan Edukatif untuk Anak Laki-laki

 


Periode emas merupakan momen yang paling berharga dan tidak akan terulang lagi. Perlu perhatian orangtua guna mengembangkan potensi yang dimiliki si kecil. Apalagi anak-anak yang berusia dibawah lima tahun memiliki antusias pada sesuatu yang baru, Anda perlu mendukung potensi kecerdasan sejak dini. Untuk anak yang memiliki keingintahuan dan keaktifan tinggi, Anda bisa memberikan mainan anak laki-laki yang bernilai edukasi.

Mainan edukasi untuk mendukung perkembangan anak laki-laki

Anda pasti bingung memilih mainan anak yang memiliki nilai edukasi tinggi. Kira-kira jenis mainan apa saja yang direkomendasikan Orami? Yuk, simak daftar singkat mainan anak laki-laki edukatif berikut ini!

1.                 Bola

Anak laki-laki menyukai jenis mainan yang butuh ketangkasan untuk mendukung gerak mereka. Jenis permainan favorit dikalangan anak laki-laki adalah bola. Anda bisa membelikan mainan bola apa saja untuk mendukung potensi anak, misalnya bola basket, sepak bola, bola voli, dan lain-lain. Jika anak bermain bersama kelompoknya, biarkan dia belajar sosialisasi dengan teman di sekitar.

2.                 Lego

Jenis mainan anak yang edukatif untuk anak laki-laki adalah lego. Meskipun perempuan bisa memainkan jenis mainan ini, tetapi anak laki-laki lebih suka memainkannya. Manfaat bermain lego bisa membantu anak berpikir lebih kreatif, imajinatif dan terampil. Biarkan mereka membentuk bangunan atau kendaraan menggunakan susunan lego yang menarik.

3.                 Robot dan mobil

Robot dan mobil bisa menjadi pilihan mainan yang tak hanya sekadar menghibur, tetapi memberikan nilai edukasi. Anak-anak terlihat suka memainkan kedua benda ini di mana saja. Anda harus tahu bahwa mainan bisa mendorong anak berpikir mengenai cara kerja, belajar bercerita dan sosialisasi dengan teman sebaya. Biarkan mereka bermain bersama anak-anak lain untuk mendukung kemampuan komunikasi.

4.                 Instrumen musik mini

Musik merupakan sesuatu yang magis dan bisa memberikan efek luar biasa untuk semua orang, termasuk anak-anak. Anda bisa memberikan jenis mainan berupa instrumen musik mini sejak anak usia dini. Setelah anak mulai lebih aktif, Anda bisa memberikan mainan musik yang bisa dipukul atau dipetik. Biarkan saraf otak anak bekerja dengan baik saat mendengarkan instrumen musik ini.

5.                 Puzzle

Puzzle merupakan jenis mainan yang bisa Anda berikan sejak anak berusia 3 tahun keatas. Pola pikir yang sudah berkembang membuat anak Anda mulai haus pengetahuan baru. Biarkan dia mencari solusi saat merangkai bingkai puzzle yang berukuran lebih kecil.

Puzzle akan melatih kesabaran, cara berpikir dan menemukan solusi yang tepat pada anak-anak. Jika ingin memberikan puzzle pada anak dibawah usia 3 tahun, pilih jenis puzzle yang besar dan tidak terlalu rumit.

Yuk, kembangkan potensi buah hati tercinta dengan memberikan daftar mainan anak laki-laki di atas! Mainan yang edukatif bisa merangsang pertumbuhan dan kecerdasan si kecil, lho!



 



EmoticonEmoticon